Categories
Musik Indo Punk

Marjinal Band Punk Legend Indonesia

Marjinal
marjinal Band punk

Biografi Singkat Marjinal

Marjinal Merupakan Salah Satu Band Punk Veteran indonesia yang Mempunyai komunitas serta Base camp nya di Taring Babi ( Alamat Google Maps: Gg. Setiabudi No.39-14, RT.11/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630 )

Marjinal Masih teteap eksis sampai hari ini Meskipun menurut admin belakangan ini Beberapa Konser Marjinal Lebih condong ke arah akustik live performance yang dalam beberapa konsernya tidak menyertakan Drum tetapi layak di lihat & di hayati.

Marjinal yang sudah lama malang melintang di belantika permusikan indonesia sempat go internasional dengan konser Bertajuk MAJIK ( MARJINAL AKUSTIK)

Majik marjinal akustik
Marjinal Majik Japan Tour 2015
Majik marjinal belanda tour
Majik Marjinal Netherland tour
Marjinal akustik majik
majik germany tour

Biografi Dan Personil Marjinal

MARJINAL adalah sebuah group musik band dari sekian banyak grup band indie di indonesia yang beraliran punk. Marjinal yang terinspirasikan atau ter-influncekan oleh Sex Pistols, Bob Marley, Leo Kristi, Toy Dolls, Bad Religion , The Crass, Benyamin S, dan Ramones memulai awal karirnya pada tahun 1997 ketika itu masih menggunakan nama AA (Anti ABRI ) dan AM (Anti Military ) dalam komunitas underground.


Band punk yang berformasikan awal (1997) Romi Jahat (vocal), Mike (gittar ), Bob (bass), Steven (drum), terbentuk atas latar belakang kesamaan dalam menyikapi belantika hidup satu sama lainnya. Mereka berusaha menyampaikan suatu pesan akan suatu penolakan maupun penerimaan dan harapan setelah apa yang dirasa , dilihat , di raba , dan di dengar dalam kehidupan sehari-hari.

Memasuki tahun 2001 band punk ini mulai menanggalkan nama AA dan AM, mereka resmi menggunakan nama baru yaitu Marjinal. Nama baru di dapat ketika Mike, sang vokalis terinspirasi oleh nama pejuang buruh perempuan “Marsinah..Marsinah..MArjinaL” asal Surabaya yang sangat berani dalam meperjuangkan haknya sebagai kaum buruh. Namun sayang belum sampai pada saatnya, marsinah wafat dalam tugas suci yang mulia akibat penyiksaan yang dilakukan oleh aparat berseragam loreng sebagai anjing-anjing peliharaan sang kapitalis. Tidak hanya itu Marsinah pun menginspirasikan Marjinal dalam meriliskan album ke-3 dengan judul album ”Marsinah” bercoverkan wajah marsinah dengan format hitam putih. Luar biasa, Judul lagu ”Marsinah” yang sama dengan judul albumnya, sangat familiar sekali karena banyak kalangan anak muda menyanyikan lagu ”Marsinah” di tongkrongan, studio musik, bahkan dalam sebuah pagelaran musik.

Di tahun 2005 Marjinal kembali menelorkan album ke-4 dengan tema sang ”Predator” yang terdiri kaset 1 & 2. Proses penggarapan album ke-4 ini sudah megalami kemajuan karena di dukung dengan alat yang mumpuni, sangat berbeda jauh sekali jika bandingkan album sebelumnya, baik di lihat dari design cover maupun hasil rekaman kaset.Selama kiprahnya di industri musik indie, Marjinal sudah mengalami beberapa kali gonta-ganti atau bongkar pasang personil, dan sampai saat sekarang ini marjinal masih di perkuat oleh Romi Jahat (vocal), Mike ( gitar), bob (bass), Proph (drum) yang kini untuk terus berjalan bersama agar tetap hidup berusaha menyampaikan pesan sebuah amanat penderitaan rakyat yang dituangkan dalam bentuk media musik.

Sejarah singkat berdirinya band MARJINAL


Berasal dari : Jakarta, Indonesia
Awal berdiri : 1997,
Nama awal : ANTI ABRY.
Markas : gang setiabudi, setu babakan, jakarta selatan
Dimana secara kebetulan kami anti kekerasan, dan ABRI salah satu kuat membudayakan kekerasan.
Kami sering main di event-event bebas, disaat-saat selalu bersama-sama (dadakan), lantas kami buat ANTY MILITARY, karena ABRI sudah dig anti.
Album pertama tahun : 1999
Album kedua tahun : 2000

PERSONIL

ROMI JAHAT (Vocal)
CHE MONKEY (ritem)
BOB OI! (bass)
STEVE (drum)
MIKE (melodi)
ACAY LEE (drum)
EKAL (vocal)
SISI (vocal)
ABLEH (ritem)
ASEP (vocal)
ARIEF (drum)

By Syawal Reborn

Rock 'n' Roll Support Division

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *