Categories: Musik Manca

Club 27 Dari Kematian Tragis Sampai Bunuh Diri Para Musisi

Kematian tragis para musisi terkenal di usia ke-27 ini mungkin sebuah kebetulan. Meski begitu, ada mitos mengenai ‘Club 27’ yang beredar di masyarakat. Dimulai pada 1994, ketika Kurt Cobain meninggal di usia ke-27, persis seperti Jimi Hendrix, Janis Joplin, dan Jim Morrison pada 1970-an.

Kemudian, kematian dini Amy Winehouse di umurnya yang ke-27 pada 2011, lagi-lagi menarik perhatian banyak orang tentang kutukan yang menghantui para musisi tersebut.

Berikut daftar beberapa legenda musik dunia yang ‘tergabung’ dalam Club 27.

  • Robert Johnson (1911-1938)
Robert Johnson

Lahir 107 tahun lalu di pedesaan Mississippi, penyanyi blues sekaligus gitaris ini hanya mendapat sedikit perhatian selama hidupnya. Namun, pada 1960-an, nama Robert Johnson mulai dikenal karena karyanya ternyata memengaruhi banyak pelopor musik rock and roll.

Menurut kisah yang berkembang, Johnson menjual jiwanya kepada iblis sebagai pengganti talentanya dalam bermusik. Ia biasanya tampil di sudut-sudut jalan sepanjang delta Mississippi dan berhasil membuat 29 lagu antara tahun 1936 dan 1937.

Dikenal dekat dengan banyak wanita dan wiski, kematian Johnson diduga karena diracun oleh kekasih atau suami yang cemburu buta.

  • Brian Jones (1942-1969)
Brian Jones

Brian Jones yang menjadi salah satu pendiri Rolling Stones — bersama dengan Mick Jagger dan Keith Richards – memiliki masalah penyalahgunaan obat. Ini membuat Jones dipenjara dan terasing dari teman-temannya. Pada Juni 1969, Jones dipaksa keluar dari band-nya.

Bulan berikutnya, pria kelahiran 1942 tersebut, ditemukan tewas di dasar kolam renang. Menurut keterangan polisi, Jones tenggelam akibat pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang.

  • Alan “Blind Owl” Wilson (1943-1970)
Alan “blind owl” wilson

Dikenal dengan nama “Blind Owl” karena penglihatannya yang buruk, Alan Wilson merupakan penulis lagu, gitaris, dan pemain harmonika.

Pria yang berjuang dengan penyakit mental dan pernah mencoba bunuh diri ini, akhirnya menyerah oleh overdosis narkoba pada September 1970. Dengan begitu, Wilson menjadi salah satu musisi yang meninggal di usia ke-27.

  • Jimi Hendrix (1942-1970)
jimi hendrix

Dikenal sebagai salah satu gitaris terbaik dalam sejarah, Jimi Hendrix mengubah rock and roll dalam perannya sebagai seniman dan produser selama empat tahun karier bermusiknya.

Hendrix meninggal di London pada September 1970, sesak nafas akibat muntahannya sendiri saat tidur.

Kekasihnya mengatakan bahwa Hendrix merupakan pengguna narkoba dan sangat menggemari LSD. Sebelum tidur, Hendrix diketahui menenggak obat tidur bersama dengan wine merah.

  • Janis Joplin (1943-1970)
janis joplin

Lahir di Texas, Janis Joplin berhasil menjadi pemenang di panggung-panggung musik San Fransisco dengan vokal blues dan penampilannya yang kuat. Joplin awalnya merupakan vokalis band Big Brother and the Holding Company, tapi kemudian menjadi penyanyi solo.

Related Post

Meskipun beberapa upaya telah dilakukan agar terhindar dari obat-obatan terlarang, namun ia pada akhirnya kecanduan heroin dan alkohol saat kariernya meroket.

Joplin meninggal akibat overdosis heroin pada September 1970, kurang dari tiga minggu setelah kematian sesama ikon rock, Jimi Hendrix.

  • Jim Morrison (1943-1971)
Jim Morrison

Jim Morrison mulai terkenal saat ia menjadi vokalis dan penulis lirik The Doors, band yang ia dirikan bersama temannya pada 1965.

Pada 1969, kebiasaan minum alkoholnya mulai menjadi masalah – membuat Morrison datang terlambat ke pertunjukkan dan menampilkan perilaku kasar di atas panggung.

Juli 1971, Morrison meninggal akibat serangan jantung yang dipicu oleh overdosis heroin saat tinggal di Paris. Diduga ia salah mengira heroin sebagai kokain dan tanpa sadar mengonsumsinya dalam jumlah yang fatal.

  • Kurt Cobain (1967-1994)
Kurt Cobain

Kurt Cobain membentuk Nirvana pada 1985 dan band ini mencapai kesuksesannya pada awal 1990-an.

Di bawah sorotan publik yang mencolok, Cobain menderita gangguan mental, penyakit kronis dan kecanduan heroin. Ia kemudian bunuh diri Dan mayatnya dintemukan pada tanggal 8 April 1994.

Nirvana, band yang dibesarkan oleh Kurt Cobain, yang melambung lewat hits “Smells Like Teen Spirit” dianggap sebagai pelopor Generasi X, punggawa musik grunge yang ‘menghabisi’ era hard rock yang mulai surut di akhir abad 20. Dan Cobain sebagai vokalis sekaligus gitaris, dipuji sebagai juru bicara dari generasi ini.

Kesuksesan Nirvana yang datang begitu cepat dan tiba-tiba membuat Cobain kehilangan kontrol dirinya. Cobain sering merasa tidak nyaman dan frustasi karena pesan dan visi artistiknya telah disalahtafsirkan oleh publik. Selama tahun-tahun terakhir kehidupannya, Cobain berjuang untuk lepas dari kecanduan heroin, penyakit dan depresi.

Pada Jumat, 8 April, 1994, Kurt Cobain ditemukan tewas, di atas garasi rumahnya di Lake Washington, Seattle, oleh seorang pekerja listrik, Gary Smith. Smith tiba pagi itu untuk memasang lampu keamanan ketika melihat jasad Cobain terbaring di dalam rumahnya.

Smith menemukan catatan dan pena yang tergeletak di pot bunga di dekat tubuh Cobain. Sebuah senapan yang dibeli untuk Cobain oleh Dylan Carlson ditemukan bersandar di dada Cobain.

Sertifikat kematian Cobain menyatakan bahwa penyebab kematiannya adalah tembakan senapan yang melubangi kepala dan menyimpulkan bahwa kematian Cobain adalah bunuh diri. Laporan tersebut memperkirakan bahwa Cobain telah meninggal sejak tanggal 5 April 1994.

Pada 10 April 1994 diadakan upacara pemakaman umum di Seattle Center. Jenazah Cobain kemudian dikremasi dan abunya sebagian disimpan oleh Courtney Love, istri Cobain, dalam boneka Teddy Bear, sebagian dibawa ke Biara Budha di Ithaca, New York untuk diberkati. Abu itu kemudian dicampur dengan tanah liat untuk dijadikan patung dalam ‘Kurt Cobain Memorial Park’.

Sisa dari abu Cobain ditaburkan oleh putrinya, Frances Bean Cobain, di sebuah sungai kecil McLane Creek, Olympia Washington, kota yang dianggap Cobain telah memberinya inspirasi musiknya.

Catatan Bunuh Diri Kurt Cobain
Syawal Reborn

Rock 'n' Roll Support Division

Leave a Comment
Share
Published by
Syawal Reborn
Tags: Club 27

Recent Posts

Guitar Center Mengalami K3Bangkrutan

Dilansir dari situs guitar.com Guitar Center, setelah serangkaian masalah keuangan termasuk peringkat kreditnya diturunkan awal…

13 hours ago

Megadeth David Ellefson : Steve Jobs Menyelamatkan Bisnis Industri Musik

Bassis Megadeth David Ellefson Mengatakan bahawa Steve Jobs Menyelamatkan Bisnis Industri Musik Dalam wawancara baru…

2 days ago

Keterikatan Noel Gallagher Dan Kurt Cobain 2 Ikonik Rock Yang Berbeda

Noel Gallagher dan Kurt Cobain, memiliki sedikit kesamaan meskipun menjadi dua wajah musik paling ikonik…

3 days ago

20 Lagu Terbaik Foo Fighters

Kali ini Berita Musik Terbaru Membahas mengenai 20 Lagu Terbaik Foo Fighters Dari Album Self…

5 days ago

Eddie Vedder dan Dave Grohl Bergabung di acara ‘Letter to You Radio’ Bruce Springsteen

Hanya beberapa legenda rock yang secara santai membicarakan musik, kehidupan, dan lainnya Seperti Dave Grohl…

6 days ago

Alasan Corey Taylor Tak Pernah Membuat Tatt0 Di wajah

Dalam sebuah wawancara baru dengan majalah GQ , vokalid SLIPKNOT band dan pentolan STONE SOUR…

2 weeks ago